banner 728x250

Warga Desa Boti Terancam Longsor dan Kikisan Banjir, Ini yang Dilakukan Pengabdi Lingkungan dan Kepala Desa

  • Bagikan
banner 468x60
Kepala Desa Boti (Depan Kanan), Pengabdi Lingkungan Thimatius Benu (Depan Kiri), Pemangku Adat dan Pemuda Desa Boti saat melakukan penanaman pohon
Foto: Sandro

TTS, Nusantara3 || Pengabdi lingkungan Thimatius Benu, warga RT 13 / RW 01, Desa Tubuhue, Kec. Amanuban Barat bersama pemerintah Desa Boti dan masyarakat melakukan penanam pohon untuk mencegah tanah longsor dan kikisan banjir di Desa Boti, Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan,selasa (04/01/2022).

“Hari ini saya berada di Desa Boti, Kecamatan Ki’e, kampung asal saya, saya bersama pemerintah desa dan masyarakat melakukan penanaman pohon untuk memulihkan atau merehabilitasi kembali longsor dan kikisan banjir menjadi lahan garapan, lahan pertanian, lahan peternakan di Desa Boti,” Ujar Thius Benu.

banner 336x280

Ia menjelaskan, anakan pohon yang ditanam adalah bambu hutan dan beberapa tanaman lain yang bersahabat dengan ternak dan tidak menjadi lawan ternak sehingga bisa ditanam di lahan pertanian dan peternakan dimana terjadinya longsor dan kikisan banjir.

“Anakan pohon yang kami tanam ini adalah bambu hutan, johar, sengon dan beberapa tanaman lain yang tentunya bersahabat dengan ternak sehingga bisa ditanam di lahan pertanian dan peternakan yang terdampak longsor dan kikisan banjir,” Jelas peraih kalpataru kategori pengabdi lingkungan Tahun 2009 tingkat kabupaten dan tingkat Provinsi Tahun 2014.

Kegiatan penanaman pohon akan terus dilakukan terus menerus tanpa ada batasan waktu atau target yang ditentukan sampai semua tanah longsor yang ada di Desa Boti menjadi hijau kembali.

“Kami akan terus menanam sampai semua longsor di kampung ini kembali hijau,” tambah Thius.

Kepala Desa Boti, Balsaser Boy Benu bersama masyarakat menyambut baik kegiatan pemulihan longsor dan kikisan banjir yang dilakukan dan mengharapkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten menetapkan pengeluaran setiap anggaran tahunan untuk pemulihan tanah longsor dan kikisan banjir karena longsor dana banjir merupakan salah satu ancaman pemicu kekeringan dan hilangnya tempat tinggal, lahan pertanian, dan peternakan bagi masyarakat.

Berdasarkan pantauan langsung media Nusantara3.Com,Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon: Kepala Desa Boti, Pembina Kecamatan, Perangkat Desa,Pemangku Adat dan Masyarakat Desa Boti.(Agung)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan