banner 728x250

Kasus Perempuan Terus Meningkat Tiap Tahun

  • Bagikan
Ilustrasi Kekerasan Terhadap Perempuan
banner 468x60

JAKARTA – Kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Meningkatnya kasus perempuan ini tidak terlepas dari ragam persoalan baik yang terjadi di level domestik seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga di tempat publik, baik itu di kantor, tempat kerja dan lingkungan sosial lainnya.

banner 336x280

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya selama 10 tahun terakhir, total kasus kekerasan terhadap perempuan Indonesia tercatat mencapai 2.775.042 kasus.

Dengan kata lain, di sekitar kita, paling tidak terdapat 760 perempuan yang menjadi korban kekerasan setiap harinya. Setidaknya kurang dari 30 % dari kasus tersebut diproses secara hukum.

Ambil contoh di Papua, Kelompok Kerja (Pokja) Perempuan Majelis Rakyat Papua (MRP) menilai keselamatan perempuan Papua justru terancam akibat konflik, HIV/AIDS dan Miras.

Koalisi Perempuan Bergerak Selamatkan Manusia (KPBSM) Papua, misalnya, melihat investasi dan konflik militerisme-lah yang menyebabkan perempuan adat khususnya di Papua rentan menjadi korban baik secara langsung maupun tidak langsung.

Melalui kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP), KPBSM menilai pentingnya memberikan perlindungan terhadap perempuan melalui payung hukum yang lebih berpihak pada perempuan.

Di samping itu, juga diharapkan dapat mendorong penyelesaian serta penghentian konflik bersenjata di Papua dengan cara-cara yang mengedepankan keselamatan rakyat, terutamanya Perempuan Adat dan Anak. (Tim Editor)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan