Babinsa dan Masyarakat Alor Upacara HUT Ke-76 RI di Lokasi Pompa Hidram

Alor, Nusantara3 | Babinsa Koramil 1622-03/Maritaing Serda Mariyanto bersama masyarakat dusun 2 Desa Kafelulang Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor, Selasa (17/8/2021), menggelar Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, di lokasi sumber air tempat pemasangan pompa hidram yang berlangsung dengan khidmat.

Upacara tersebut berlangsung dengan inspektur upacara Serda Mariyanto, dan bertindak selaku Komandan Upacara, Ketua Pemuda Gereja GMIT Imanuel yakni Gerson Karfula, diikuti oleh 25 orang masyarakat.

Ketua Pemuda Gereja, Gerson Karfula mengatakan, Upacara dan Pengibaran Bendera Merah Putih di dalam Sungai Kaiwal atau lokasi pompa hidram semata merupakan inisiatif Babinsa dan warga di dusun setempat untuk mengenang kembali hari Kemerdekaan RI saat 17 Agustus 1945.

Serda Mariyanto kepada mengatakan bahwa dirinya berinisiatif mengajak masyarakat menggelar upacara di dalam sungai di tengah hutan sebagai lokasi yang akan dipasang pompa hidram karena ingin menunjukkan kepada masyarakat untuk ikut mencintai serta menjaga alam dan air.

Selain itu tambah Mariyanto, untuk mengugah rasa cinta tanah air, rasa nasionalisme, dan patriotisme anak-anak bangsa dalam mengisi kemerdekaan di tengah-tengah ancaman pandemi Covid-19.

“Kami upacaranya di tengah hutan dengan pakaian seadanya. Meski begitu, prosesi Upacara Bendera berlangsung dengan khidmat, ” kata Mariyanto.

Komandan Kodim (Dandim) 1622/Alor, Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag mengatakan, meski lokasi upacara di tengah hutan, namun upacara bendera tetap dilaksanakan dengan khidmat terlihat dari antusias masyarakat cukup tinggi.

Pelibatan masyarakat dalam upacara Bendera di tengah hutan, bertujuan untuk lebih menanamkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, dan patriotisme generasi muda khususnya untuk ikut membangun kampung halaman, sesuai dengan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Selain itu, program pompa hidram yang disponsori oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dipadukan dengan “Gerakan Jaga Alam dan Air” atau Gejala, ” jelas Letkol Supyan Munawar.

“Kami mengajak masyarakat mengingat kembali perjuangan bangsa lewat para pahlawan yang mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Kini kita harus tangguh menghadapi ancaman nyata yaitu pandemi Covid-19 dan ikut menjaga alam dan air sebagai warisan terindah bagi anak dan cucu kita kelak, ” tandasnya.(Dispenad)

Tinggalkan Balasan