Terancam Gagal Panen, Ini Keluhan Para Petani Kelurahan Babau Kupang Timur

Kabupaten Kupang, Nusantara3.com | Para Petani Kelurahan Babau Kupang Timur mengeluh karena sulit mendapatkan pupuk bersubsidi di pengecer resmi. Demikian hal ini disampaikan Stefen Fendris Kiuk, Ketua kelompok Tani Usaha Bersama di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur, Kab. Kupang, Jumat (26/03).

Fendris menjelaskan, Penyediaan pupuk bersubsidi bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Agar penyaluran pupuk tepat sasaran maka pemerintah telah mengatur sistem distribusi pupuk bersubsidi serta mekanisme pembayaran subsidi pupuk. Namun ketersediaan pupuk bersubsidi di pengecer tidak ada sama sekali sehingga petani harus membeli pupuk non subsidi.

“Pemerintah sudah atur sistem distribusi pupuk bersubsidi serta mekanisme pembayaran namun sampai sekarang masalah belum tersedianya pupuk bersubsidi, khususnya pupuk npk yang dikeluhkan para petani Babau stok pupuk npk di Toko Yutedere (pengecer resmi) tidak ada sedangkan pupuk ini sangat dibutuhkan untuk memupuk padi yang berumur 40 hari setelah tanam (HST),” Jelas Stefen Fendris Kiuk.

Ia menambahkan, kurang lebih terdapat ratusan hektare (Ha) sawah yang sudah ditanami dari bulan Januari 2021 dan seharusnya saat padi berumur 2 bulan sudah dilakukan pemupukan. Namun, sampai pada saat ini stok di pengecer tidak tersedia pupuk npk, bahkan pupuk non subsidi juga tidak tersedia sehingga petani kewalahan dan harus mencari pupuk di Kota Kupang.

Lebih lanjut, Kata Fendris, pupuk merah (npk) sangat dibutuhkan untuk merangsang bunga dan buah sehingga apabila terlambat melakukan pemupukan maka hasil panen akan sangat berkurang. Sedangkan musim ini, air tidak menjadi kendala bagi para petani karena sampai saat ini juga masih ada hujan dan sebagian petani menggunakan sumur bor.

“Saya sudah bayar ke DO (pengecer resmi) sesuai RDK pada tanggal 8 Maret tapi sampai sekarang belum dapat pupuk npk. Nah, ini sebenarnya pihak mana yang harus bertanggungjawab atas keterlambatan pemasokkan pupuk bersubsidi?
Kami para petani khususnya Kecamatan Kupang Timur sangat membutuhkan pupuk npk,” Keluh Fendris.

Melalui media ini, Fendris mengharapkan agar pemasokan pupuk npk bersubsidi di Kabupaten Kupang secepatnya dapat ditangani oleh instansi terkait atau pengecer resmi sehingga tidak terjadi gagal panen tahun ini. (JN)

(JN)

Tinggalkan Balasan