Menpora Zainudin Amali Buka Rakernas Kwarnas Gerakan Pramuka, Kwarda NTT Hadir Secara Virtual

Kupang, Nusantara3.Com | Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Selasa (9/03/2021).

Kegiatan Rakernas yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Komjenpol Purnawirawan Budi Waseso dan Pengurus Pramuka seluruh Indonesia. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 9-10 Maret 2021.

Dalam Sambutannya Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Gerakan Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan kesehatan dunia saat ini. “Pemerintah mengapresiasi dan berterima kasih kepada penyelenggara Hari Tunas gerakan Pramuka dan pembukaan Rakernas ini secara Hybrid,” Kata Zainudin.

Peserta yang mengikuti Rakernas secara langsung atau tatap muka sudah dilakukan swab terlebih dahulu.  “Saya juga dengar tadi seluruh peserta yang mengikuti Rakernas secara tatap muka di lakukan tes Swab sehingga rakernas benar benar bersih dari Covid-19,” Tambahnya.

Zainudin juga menegaskan bahwa satu-satunya organisasi kepanduan yang diakui di Indonesia adalah Gerakan Pramuka. “Pemerintah mengakui hanya ada satu organisasi kepanduan Indonesia yakni Gerakan Pramuka, perlu saya sampaikan di awal sambutan saya ini agar tidak ada keraguan sama sekali oleh kwartir nasional dan juga kwartir daerah,” Tegasnya. Hal ini disampaikan Zainudin untuk menjawab pernyataan Ketua Kwarnas Budi Waseso yang menyampaikan adanya organisasi kepanduan lain selain Gerakan Pramuka di Indonesia.

Pembukaan Rakernas ini diawali dengan Upacara Peringatan Hari Tunas yang jatuh pada tanggal 9 Maret, dimana pada tahun 1961 Presiden RI pertama Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tanggal 9 maret.

Pantauan langsung media ini, Turut hadir dalam kegiatan secara virtual di Aula Gedung Pramuka Kupang, Ketua Kwartir Daerah NTT Sinun Petrus Manuk serta Pengurus Kwartir Daerah Pramuka NTT lainnya Dra. Maria P. Sumarni, MM (Waka Binamuda), Dr. Drs. Blajan Konradus, MA (Sekretaris), Johanson Balla (Ketua DKD NTT), Kamaludin Ratu (Andalan Daerah) dan Siska Bala (Andalan Daerah) mengikuti kegiatan rakernas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dimana setiap peserta Rakernas yang masuk ke dalam ruangan dipastikan bebas Covid-19 dan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan Hand Sanitizer.(Ape)

Tinggalkan Balasan