Gambar Ilustrasi dan Keterangan Berita Detik.Com Mendiskreditkan Gerakan Pramuka

Jakarta, Nusantara3.Com | Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan ini menyampaikan keberatan terkait pemuatan berita Detik.com di kanal DetikNews yang berjudul “Pemerintah Siap Dikritik, Pakar Medsos Minta Jaminan Tak Ada Serangan Buzzer” pada Rabu, 10 Februari 2021, pukul 08.00 WIB dengan penulis Rakhmad Hidayatullah.

Link:

https://news.detik.com/berita/d-5368357/pemerintah-siap-dikritik-pakar-medsos-minta-jaminan-tak-ada-serangan-buzzer

Dasar keberatan adalah pada bagian ilustrasi, yang menampilkan seseorang pria berpeci hitam mengenakan pakaian coklat menyerupai seragam Pramuka atasan lengan panjang, lengkap dengan atribut setangan leher atau hasduk atau populer disebut dengan istilah kacu warna merah putih yang merupakan identitas Gerakan Pramuka.

Selain itu, ada pula beberapa bagian pada pakaian yang menyerupai bentuk dan posisi atribut Pramuka, seperti tanda pelantikan pada saku kiri dan tanda jabatan pada saku kanan, serta papan nama di atas saku kanan.

Yang mempertegas bahwa ilustrasi tersebut  menampilkan seseorang berseragam Pramuka adalah pada bagian caption atau keterangan ilustrasi yang ditulis:

Ilustrasi soal tudingan ‘Kakak Pembina’ Buzzer Istana. (M Fakhry Arrizal/detikcom)

Setelah mencermati tulisan tersebut secara utuh, kami (Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,Red) menilai tidak satu pun kata atau kalimat terkait Gerakan Pramuka.

Kami juga menilai artikel dengan ilustrasi seperti ini dapat merusak citra Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal dan nonpolitik yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia, sesuai Undang-Undang No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Untuk itu, kami meminta Detik.Com memberikan penjelasan kepada publik mengenai penggunaan ilustrasi dan keterangan tersebut.

Pantauan media ini, detik.com telah merubah gambar yang diklaim dan menyatakan permohonan maaf.

Tubagus Guritno
Kepala Pusat Informasi Nasional Gerakan Pramuka
E-Mail: kwarnas@pramuka.id
HP: 0818802452

Tinggalkan Balasan