Forum Mahasiswa Primordial Indonesia Minta Pemerintah Berlakukan Otsus Jilid II

Jakarta, Nusantara3.com – Ditengah berbagai problem bangsa Indonesia menghadapi masalah di tanah air, termasuk konflik Papua yang terus hingga kini masih terus berkepanjangan, ada seruan pemuda dan mahasiswa Papua dan Papua Barat yang bernaung dalam wadah Forum Mahasiswa Primordial Indonesia menyeruhkan pemerintah memberlakukan Otsus jilid II.

Pantauan sejumlah media Nasional dan Internasional, forum ini melakukan aksi di depan Istana Negara dan kantor Kementerian Dalam Negeri untuk menyuarakan kepentingan pemberlakuan Otsus jilid II sekaligus meminta untuk mengevaluasi otsus jilid I.

Ketua FMPI, Bio Werfete dalam orasinya di depan Istana negara itu pada kamis, (13/08), menjelaskan, semua pihak tidak perlu saling menyalahkan dengan pembangunan yang sudah berjalan di Papua, kecuali kembali untuk melakukan evaluasi pembangunan Papua dan Papua Barat pada pemberlakuan otonomi khusus.

“Kami minta untuk kita tidak perlu menyalahkan satu dengan lain, kecuali mengevaluasi otsus yang ada sehingga pada otsus jilid II setidaknya lebih baik. Kami mendukung untuk kebaikan semua orang sehingga aksi ini adalah perjuangan yang murni tanpa ada tensi politik tertentu”, jelas Bio saat bersama para mahasiswa dan pemuda dalam orasi mereka meskipun deras hujan terus menghantam.

Di depan kantor Kementerian Dalam negeri, masa juga menyuarakan agar pemberian beasiswa kepada seluruh mahasiswa Papua di seluruh kota di Indonesia harus merata dengan melakukan realokasi anggaran yang lebih maksimal.

Masa melakukan aksi tepat di lokasi taman Pandan depan Istana Negara dan di depan Kementerian Dalam Negeri itu sekaligus menghadirkan tarian Papua sebagai pengingat dan penyemangat mereka untuk bersuara tentang Papua.

“Ini adalah aksi yang murni tanpa ada muatan politik. Kami hanya meminta untuk berlakukan otsus jilid II, evaluasi otsus, sektor kesehatan dan pendidikan dengan melihat tingkat kebutuhan rakyat disana”, tegas Bio. (*tim)

Tinggalkan Balasan