Masyarakat Desa Ternate Siap Terima Gogo Bersaudara dan Kunjungan Gubernur bersama Rombongan

TERNATE,Nusantara3.Com | Masyarakat Desa Ternate telah dua minggu lebih mempersiapkan diri menerima Keluarga Gogo Bersaudara untuk mengikuti Festival Al-quran Tertua yang terbuat dari Kulit Kayu.
Juga berkenan menerima Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dan Ibu Yuli Laiskodat jika berkenan singgah di Pulau yang terkenal dengan berbagai motif tenun ikat.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Ternate, Rahman Kasim, ketika ditemui di Uma Pura, Ternate, Rabu (29/7) kemarin.

Rahman Kasim juga mengundang Gubernur Laiskidat untuk bersama-sama penari galasoro di atas perahu dari Pulau Pura ke Desa Alor Besar, tempat Kitab Suci Kulit Kayu yang disimpan saban hari dan tempat diadakannya festival yang baru pertama kali diadakan itu.

Pantauan Tim Prokomp dari Ternate, para keluarga Gogo yang datang dari Ternate, Maluku Utara pada 4 abad lalu itu menyebar di Baranusa, Pantar Barat, Timuabang, Pantar Timur, Lerabaing, Kecamatan Abad dan Alor Besar Kecamatan Abal serta Satu Keluarga kakak adik ke Solor, Flores Timur.
Namun pada kesempatan ini, keluarga dari Solor tidak berkesempatan hadir karena Pandemi Covid-19.

Para keluarga berdatangan dengan perahu motor yang dihiasi dan mulai berdatangan sejak pagi hingga petang.

Berkumpul bersama dalam silahturahmi dengan tidak meninggalkan Protokol Kesehatan, malah Tim Medis dengan APD lengkap memeriksa satu per satu tamu dan para undangan keluarga yang hadir yang diantar langsung pada teng utama dan dibagi di keluarga-keluarga.

Malam diadakan lego-lego menanti prosesi Al-quran Tua menuju tempatnya di Albes, Alor Besar. (Tim Prokomp).

Tinggalkan Balasan