Ketua DPRD NTT bertemu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTT

KUPANG, Nusantara3.Com | Ketua DPRD NTT, Ir.Emelia Julia Nomleni, mengunjungi dan memantau kesiapan Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT dan Rumah Sakit Penyangga Penanganan Covid, Senin (30/03/2020).

Ketua DPRD NTT diterima oleh perwakilan Tim Gugus Tugas Provinsi NTT terdiri dari: Drg Dominikus Minggu,M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT), Thomas Bangke, SE, M.Si (Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT), Dr. Jeffrey Jap, M.Kes dan sejumlah petugas yang lagi piket di Sekretariat Gugus Tugas Provinsi NTT.

Dalam pertemuan di Sekretariat Gugus Tugas, drg.Dominikus menjelaskan tentang sistem kerja dan perkembangan data penanganan Corona di Provinsi NTT. “Kami juga melayani berbagai pertanyaan dan informasi dari publik terkait penanganan Corona, selain itu kami membangun sinergi dengan Gugus Tugas di tingkat Kabupaten/Kota, serta berkoordinasi secara periodik dengan Gugus Tugas di tingkat Pusat“ jelas drg. Domi.

Sementara Thomas Bangke menjelaskan bahwa dalam konteks penanganan bencana, Tim Gugus Tugas memiliki agenda kerja pencegahan yang komprehensif. “Meski ada kendala fasilitas yang terbatas, kami bersyukur karena banyak pihak yang ikut membantu terutama dalam kegiatan-kegiatan pencegahan, “ ujar Thomas.

Dalam pertemuan tersebut juga, Ketua DPRD NTT menyatakan bahwa DPRD NTT sesuai dengan tugas dan perannya, memberi dukungan penuh pada upaya penanganan masalah Pandemi Covid-19. “Kita dukung, ini masalah kemanusiaan. Kita hitung dan antisipasi semua dampak akibat pandemi ini. Jika ada kendala, segera komunikasikan,“ tutur Emelia Nomleni.

Ketua DPRD mengingatkan tentang dampak ekonomi yang tidak boleh diabaikan dalam respon Kebencanaan. “Mereka yang rentan secara ekonomi, keluarga miskin dan yang kebingungan harus mencari makan, harus mendapat perlindungan maksimal,” ujar Emelia yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan NTT ini.
Emelia Nomleni juga meminta Gugus Tugas agar selalu memberi perhatian pada kesejahteraan dan keselamatan petugas kesehatan yang menangani para pasien.

“Terima kasih untuk semua yang telah bekerja keras, termasuk para petugas medis, tetap jaga diri, penuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri, serta patuhi protokol yang sudah ditetapkan,” tandas Emelia.

Seusai pertemuan, Ketua DPRD NTT mengunjungi dan memantau kesiapan Rumah Sakit Universitas Nusa Cendana yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit Penyangga Penanganan Covid di Provinsi NTT. Informasi dari Dr. Jeffrey Jap bahwa Rumah Sakit ini memiliki 33 Kamar yang bisa dimodifikasi untuk menampung sampai dengan 100-150 pasien. [S]

Tinggalkan Balasan